Terkait Hibah Air Minum Tahun 2017, PDAM Bone Bolango dianggap berhasil melakukan sambungan baru sebanyak 2500 SR. Atas keberhasilannya, kembali di tahun 2018 ini, sambungan rumah (SR) untuk kategori Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR), khusus untuk wilayah Bone Bolango menjadi 4000 sambungan bagi pelanggan baru.

Direktur PDAM Bone Bolango, Yusar Laya menjelaskan bahwa target pemerintah di tahun 2019 yakni tercapainya akses air minum layak 100%. “Memang saat ini pemerintah sedang mengupayakan percepatan pencapaian tersedianya infrastruktur air minum, baik itu dalam hal kuantitas, kualitas, kontinuitas maupun aksesibilitas air minum yang layak untuk masyarakat. Dan hal ini sudah diamanatkan dalam Millenium Development Goals (MDG’s), yaitu tercapainya akses air minum yang layak 100%, serta meningkatnya akses sanitasi layak 100% pada tahun 2019”.

Lebih lanjut Yusar mengatakan bahwa pemerintah pusat sudah menganggarkan 800 miliar yang akan disebar di daerah-daerah seluruh Indonesia terkait Program Hibah Air Minum 2018. “Alokasi anggaran yang disiapkan pemerintah untuk menunjang program Hibah Air Minum tahun 2018 kurang lenih 800 miliar. Ini semua agar percepatan dalam pemenuhan target perpipaan air minum perkotaan sebanyak 5 juta SR, yang juga menjadi target dalam RPJMN TA 2015-2019 bisa tercapai, kata Yusar”.

Oleh karenanya, Yusar Laya optimis untuk bisa merealisasikan program hibah air minum sebanyak 4000 sambungan baru di wilayah Kabupaten Bone Bolango.

Sementara itu, Kepala Bagian Hubungan Langganan (Hublang) PDAM Bone Bolango, Anwar Badjarat, mengaku sudah melakukan verifikasi untuk warga calon penerima program hibah air minum 2018. “Sejak November 2017 hingga saat ini, proses verifikasi untuk masyarakat berpenghasilan rendah di wilayah Bone Bolango terus kami lakukan. Mengingat tahun ini meningkat dari 2500 menjadi 4000 sambungan yang akan kami pasang sambungan baru, jelas Anwar”.

Anwar juga menambahkan jika ada warga yang ingin memasang air PDAM Bone Bolango, bisa langsung ke Kantor Pusat PDAM Bonbol dengan persyaratan yang sudah di tentukan. “Bagi calon pelanggan yang ingin mendaftar, cukup dengan Foto Copy KTP, Kartu Keluarga, materai, serta bukti tagihan rekening listrik dengan daya maksimal 900 VA. Petugas kami siap melayani, dan akan segera di proses. Kami juga berharap agar warga khususnya yang ada di wilayah Bone Bolango untuk ikut berpartisipasi menginformasikan apabila ada keluarga, kerabat, atau siapa saja yang ingin menikmati program pemasangan gratis air PDAM Bone Bolango.” (FB-2018)