Jusni Bolilio selaku Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Perumda Tirta Bolango terus berupaya dalam rangka memaksimalkan pelayanan air di Kabupaten Bone Bolango. Setelah beberapa waktu yang lalu memacu pekerjaan penyambungan pipa sepanjang kurang lebih 100 meter yang terseret banjir di sungai Longalo, juga beberapa titik kebocoran di Bulawa, Suwawa, Suwawa Selatan dan Tapa, kali ini Jusni memprioritaskan pekerjaan Instalasi Pengolahan Air (IPA) 2 Longalo segera beroperasi.

IPA dengan kapasitas 40 Liter Per Detik tersebut diharapkan bisa menjawab ketersediaan air bersih, khususnya wilayah Tapa cs dan sebagian wilayah Kabila dan Tilongkabila.

Untuk diketahui, bahwa saat ini Instalasi Pengolahan Air 2 Longalo sudah masuk pada tahap uji coba dan masih ada beberapa perbaikan. Sehingganya Jusni optimis bahwa IPA tersebut bisa selesai dan beroperasi tahun ini.

“Memang saat ini kita terkendala dengan terganggunya pelayanan air, yang di akibatkan oleh sering meluapnya Sungai Longalo, sehingga Intake yang ada di Longalo tersebut tertutup material yang berpengaruh terhadap suplay air menuju IPA. Juga pipa yang melintasi sungai ini pula sering putus terseret arus air yang besar. Ini yang menjadi perhatian serius kami bagaimana kendala-kendala yang terjadi hampir setiap bulan ini bisa teratasi”, kata Jusni.

Lebih lanjut Jusni mengatakan terus berkoordinasi dengan Dinas PU dan pihak Balai Prasarana Pemukiman Wilayah (BP2W) Gorontalo, untuk upaya percepatan pekerjaan dan operasi Instalasi Pengolahan Air 2 Longalo.

“Saya sudah berkoordinasi dengan Kadis PU, ya katanya memang untuk IPA Longalo masih dalam tahap uji coba, masih ada beberapa pipa transmisi yang bocor, ini yang masih harus dirampungkan. Saya juga coba minta bantuan bahan bakar solar ke pihak Balai Prasarana Pemukiman Wilayah Gorontalo, dan mudah-mudahan minggu ini sudah ada realisasinya. Otomatis jika pekerjaan pengerukan material di Intake Longalo selesai, dan juga Instalasi yang baru sudah mulai beroperasi, saya rasa untuk wilayah Tapa cs sudah tidak ada gangguan lagi”, jelas Jusni.

Plt Direktur Perumda Tirta Bolango yang juga menjabat sebagai Asisten II Bidang Ekonomi, Pembangunan dan Sumber Daya Alam (SDA) Setda Kabupaten Bone Bolango ini juga menyampaikan bahwa Bupati Bone Bolango merespon positif terhadap percepatan pengoperasian Instalasi Pengolahan Air Longalo.

“Alhamdulillah Bapak Bupati juga sudah menyampaikan ini ke pak Gubernur, dan mudah-mudahan Pak Gubernur bisa mengiyakan diperubahan anggaran agar bisa dialokasikan anggaran pemasangan jaringan listrik ke IPA Longalo. Kalau sudah listrik kan enak, kita bisa hemat puluhan juta dari pada kita masih pakai solar”, tutur Jusni.

Jusni berharap jika ini selesai, maka ketersediaan kebutuhan pokok juga keterjangkauan air bersih bisa terpenuhi di Kabupaten Bone Bolango. (FB-2022)