BONE BOLANGO – Guna menangani persoalan Instalasi Pengolahan Air (IPA) Lombongo yang beroperasi kurang optimal dikarenakan terjangan material lumpur, Perumda Tirta Bolango telah membuat bendungan disekitar IPA.

Bendungan itu dibuat untuk melindungi terjangan lumpur maupun pasir ketika hujan melanda wilayah tersebut. “Pak Direktur bersama beberapa tenaga teknis turun ke lokasi untuk membuat bendungan. Sehingga, jika terjadi hujan dan banjir tidak akan menutupi bak penampungan,” ujar Kepala Bagian Hubungan Langganan Perumda Tirta Bulango, Anwar Badjarat.

Penanganan dengan membuat bendungan ini merupakan upaya sementara Perumda Tirta Bolango. Nantinya, kata Anwar, pihaknya akan segera membuat suatu perencanaan yang tidak asal-asalan guna menanggulangi permasalahan seperti ini. “Sehingga, pelayanan air bersih untuk masyarakat tidak akan mengalami gangguan lagi,” ungkapnya.

Anwar juga mengakui, selain diakibatkan hantaman material lumpur dan pasir, kurang optimalnya IPA Lombongo juga dikarenakan usia instalasi tersebut.

“Masalah gangguan air untuk wilayah Suwawa dan sekitarnya, kita akui instalasi kita memang sudah tua. Jadi memang pengoperasiannya sudah kurang optimal,” pungkas Anwar.(*)