Petugas teknis Perumda Tirta Bolango tengah berjibaku memperbaiki mixer di IPA Ulantha. (Foto : Istimewa)

BONE BOLANGO – Hujan yang melanda Kabupaten Bone Bolango beberapa hari terakhir ini membuat sungai Lombongo meluap. Akibatnya, intake di Instalasi Pengolahan Air (IPA) Lombongo dan mixer di IPA Ulantha ‘diterjang’ material lumpur.

Hal itu pun memaksa Perumda Tirta Bolango menghentikan sementara distribusi air ke pelanggan yang dilayani dua IPA tersebut, yaitu pelanggan di wilayah Suwawa dan Kabila Cs. “Sementara waktu, layanan distribusi air ke pelanggan kami yang ada di Suwawa dan Kabila Cs kami hentikan,” ucap Direktur Perumda Tirta Bolango, Yusar Laya, Selasa (31/8).

Persoalan ini tidak didiamkan Perumda Tirta Bolango. Buktinya, seluruh petugas teknis Perumda Tirta Bolango tengah berjibaku melakukan perbaikan intake dan mixer tersebut. “Saat ini, petugas kami tengah melakukan pengurasan lumpur di intake IPA Lomobongo. Demikian pula mixer di IPA Ulantha, sementara diperbaiki,” tandas Yusar.

Ia berharap, para pelanggan Perumda Tirta Bolango dapat memaklumi pemadaman air ini. “Kami memohonkan maaf sedalam-dalamnya kepada seluruh pelanggan yang dilayani IPA Ulantha dan Lombongo. Insya Allah lumpur yang membuat mixer dan intek kami sedikit terganggung ini segera teratasi. Sekali lagi saya mohon maaf,” kata Yusar.

Lantas bagaimana jika ada masyarakat yang sangat membutuhkan air PDAM ? Yusar menjawab, pelanggan bisa menghubungi call center Perumda Tirta Bolango di 0813 5586 8585. “Nanti kami akan mendistribusikan air lewat mobil tangki,” tutup Yusar.(*)