Tim Geografi Information System (GIS) PDAM Bone Bolango terus mempermantap pemetaan jaringan secara online. Pemetaan jaringan ini ditargetkan selesai pada akhir tahun. Program GIS ini merupakan salah satu Langkan PDAM Bonbol untuk meningkatkan pelayanan serta mencegah adanya persoalan. Pasalnya, sejauh ini PDAM banyak kecolongan oleh ‘pencurian air’ oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

GIS dipergunakan untuk penggambaran, editing, monitoring dan evaluasi jaringan perpipaan dan data pelanggan dengan menggunakan peta digital yang bergeoreferensi dengan sistim komputerisasi. GIS dilakukan mengingat data-data jaringan perpipaan dan data pelanggan merupakan salah satu “Aset” terbesar PDAM yang berpengaruh besar dalam menunjang kegiatan operasional PDAM serta berkaitan juga dengan kinerja perusahaan.

Seluruh data-data jaringan dan pelanggan manual dikomputerisasi sehingga datanya aman, lebih didayagunakan, cepat dan akurat dalam pemberian informasi. Hal ini dibenarkan Direktur PDAM Bone Bolango, Yusar Laya ketika dikonfirmasi kemarin. “Ya, kami sementara memaksimalkan program GIS ini, semoga bisa terealisasi sampai dengan akhir tahun 2016 ini”, harap Yusar. (Pn)